hikmah Isro Mi’raj kanjeng nabi muhamad saw bagi seorang muslim

Pada hari kamis, 19 April 2018, bertempat di Mesjid Bahrunnajah, Ditpolairud Polda Jabar menyelenggarakan peringatan Isro Mi’raj Kanjeng Nabi Muhamad SaW. Dihadiri oleh bapak Dirpolairud Polda Jabar KBP A. Widihandoko SH beserta seluruh anggota dan mengundang penceramah dari Majlis Taklim Al-Khoiriyah kesambi kota Cirebon yaitu bapak KH Dartam Damiri.

Dalam cermahnya, KH Dartam Damiri menyampaikan bahwa perjalan Isro Mi’raj kanjeng Nabi Muhamad SAW hendaklah difahami dan dimaknai, sehingga hikmahnya dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun diantara hikmah yang dapat diambil dari peritiwa luarbiasa Isro Mi’raj Kanjeng nabi Muhamad SAW adalah sebagai berikut :

  1. Banyak sekali nikmat yang sudah dianugerahkan Alloh SWT kepada manusia diantaranya nikmat rasa, akal, Panca indera dan nikmat islam sebagai agama yang dapat menuntun manusia kepada jalan kebenaran.
  2. Peristiwa Isro Mi’raj jangan difahami dengan akal dan fikiran tetapi harus dimaknai dengan iman.
  3. Perjalanan Isro Mi’raj nabi melalui berbagai godaan dan rintangan, dari belakang digoda Iblis, dari kanan dan kiri digoda dengan lingkungan dari depan digoda dengan dunia.
  4. Perjalanan manusia akan selalu mendapatkan godaan dari setan, setan berasal dari 2 golongan yaitu dari golongan jin dan manusia.
  5. Duniawi  yang menggoda manusia bisa berupa perempuan(bagi lelaki), anak , perhiasan emas dan perak, kendaraan, hewan ternak, sawah dan kebun. kesemuanya itu hanya perhiasan dunia. Dan hanya berada di sisi Alloh lah tempat kembali yang benar (surga).
  6. Sholat adalah perintah Alloh SWT kepada Kanjeng Nabi Muhamad SaW untuk dijalankan oleh beliau dan umatnya. Sholat menjadi kewajiban yang utama bagi seorang muslim. Jika sholatnya benar maka ibadah lain dipastikan akan benar serta sebaliknya.

Mudah-mudahan ¬†Hikmah Isro Mi’raj dapat dilaksanakan oleh seluruh personel Ditpolairud Polda Jabar dalam kehidupan sehari-hari.(pen/agsr)